CONTOH PENAMPAKAN SIM INTERNATIONAL (INTERNATIONAL DRIVING PERMIT)

Menyambung tulisan kemaren tentang syarat-syarat bikin SIM International berikut contoh penampakannya, milik dari rekan kita bro Yukiez Rock N’ Road yang kebetulan mau share :

Contoh penampakan SIM international milik bro Yukie
Contoh penampakan SIM international milik bro Yukie

Penampakan diatas memang bukan penampakan secara utuh dari bentuk SIM International, tetapi point-point utamanya cukup memberikan gambaran kita. Menurut info dari pemiliknya, yang tampak diatas adalah bagian cover & halaman terakhirnya saja. Dibagian halaman lain tercantum kategori kendaraan yang berlaku dengan 9 bahasa negara yang berbeda, itu tertutup sama cover.  Sementara di bagian terakhir terdapat dua lipatan keluar.

Menurut pengakuan dari bro Yukie waktu pengurusannya dengan pelayanan prima bebas calo, pembuatan INTERNATIONAL DRIVING PERMIT ini hanya 15 menit tanpa adanya test apapun. Masa berlakunya selama 3 tahun  dan SIM Internasional ini hanya berlaku di Luar Negeri.  Untuk wilayah Indonesia pembuatannya hanya ada di Korlantas Mabes Polri Jl. MT Haryono Jakarta.

SIM International ini mutlak diperlukan apabila ingin berkendara di luar negeri. Walaupun di dalam SIM yang kita miliki tertulis “Driving Licence“, tetapi tidak berlaku digunakan di luar negeri. Apalagi untuk wilayah asia-pasifik, polisi disana sangat mengerti betul bahwa SIM yang kita miliki (dikeluarkan oleh Kepolisian RI) tidak berlaku untuk International. Tetapi di beberapa negara kadang ada polisi yang belum mengetahui bahwa SIM kita bukanlah SIM International. Sebagai contoh ada rekan juga yang pernah mencoba menunjukkan SIM  Kepolisian RI sewaktu di USA dan ternyata masih bisa lolos. 😀

Walaupun terdapat keterangan Driving License, tetapi tidak berlaku untuk luar negeri
Walaupun terdapat keterangan Driving License, tetapi tidak berlaku untuk luar negeri

Sebagai informasi bro Yukiez Rock N’ Road adalah rider JELAJAH NEGERI dengan menggunakan Honda Karisma X 125. Dimana pada 06 Februari – 05 April 2014 lalu melakukan Ekplorasi dari Purwakarta-Jawa Barat menuju ke Pulau Borneo hingga menembus negara tetangga, yakni Malaysia dan Brunei Darussalam. Perjalanan dilakukan selama 60 hari dan mendapatkan support penuh dari Malaysia untuk riding sejauh 4000 KM di kedua negara tersebut. Selain melengkapi diri dengan dokumen pribadi seperti, Pasport Wisata, dokumen kendaraan, keterangan kegiatan dari kepolisian, dinas pariwisata, Ikatan Motor Indonesia, Paguyuban Honda Provinsi, Pengurus Pusat Honda Karisma Club Indonesia, syarat mutlak lain adalah harus mangantongi izin berkendara di luar negeri yang dikeluarlan oleh Korp Lalu Lintas Mabes Polri, dengan bentuk SIM INTERNASIONAL (INTERNATIONAL DRIVING PERMIT). Dan setelah kita mempunyai SIM INTERNASIONAL ini, harus mengetahui tata cara & aturan berkendara di luar negeri lengkap dengan memahami rambu-rambu lalu lintasnya. Semuanya dapat dipelajarai dari Buku Regulasi Berkendara yang didapat saat pembuatan SIM Internasional, berikut mendapatkan Buku SIM-nya. Cukup ribet memang, tapi demi kelancaran dan keamanan perjalanan bro Yuki semua ditempuh dan akhirnya dalam perjalanannya tidak mendapatkan kesulitan yang berarti.

Buku Regulasi Berkendara dan Buku SIM International milik bro Yukie
Buku Regulasi Berkendara dan Buku SIM International milik bro Yukie

Iklan

3 tanggapan untuk “CONTOH PENAMPAKAN SIM INTERNATIONAL (INTERNATIONAL DRIVING PERMIT)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s