Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Yamaha R-Series, dengan keluarga baru YZF-R15 dan YZF-R25
Yamaha R-Series, dengan keluarga baru YZF-R15 dan YZF-R25

Era motor sport kian berjaya di tahun 2014, Yamaha sebagai salah satu produsen motor yang terdepan mampu merajai di segmen ini. Untuk memperkuat posisinya, pabrikan GarpuTala menghadirkan sekaligus dua motor sport fairing, yakni YZF-R15 dan YZF R25. Kedua motor ini lahir sebagai bagian dari keluarga R-Series Yamaha. Dimana pada keluarga ini bersama R15, R25, R6, R1 memiliki R-DNA yang meliputi lima hal penting yakni mass forward (distribusi bobot ke depan), sharp and hight tail (bodi belakang runcing & tinggi), dual furious headlight (lampu depan ganda), aerodynamic body (desain bodi aerodinamis), muscular look (tampil kokoh).

YZF-R15 spesial karena merupakan yang termuda dari R-Series family. R15 hadir untuk mewakili kelas 150 cc. Sedangkan YZF-R25 yang mewakili di kelas 250cc, dijuluki sebagai Baby M1 karena desain Super Sport-nya (mass forward silhouette design) jelas mewarisi YZR-M1. Bila menyimak perjalanan R25 ini, pengembangan dimulai dari lintasan balap Yamaha YZR-M1. Bahkan dalam risetnya melibatkan pembalap juara dunia MotoGP, Valentino Rossi.

Yamaha R25 Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang - Titel YZF-R15

YZF-R15 “Keep Cool and Ride R15

Tidak hanya tampilannya yang keren, performa dan akselerasi Yamaha YZF-R15 juga mumpuni, sesuai dengan tagline-nya “Keep Cool and Ride R15”. Yamaha R15 terlahir dari keandalan dan ketangguhan Yamaha V-Ixion. Mengusung daya tahan mesin 150 cc yang disempurnakan termasuk penggunaan transmisi enam percepatan. Tenaga dari mesin 150 cc milik R15 mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi14,5 Nm pada 7.500 rpm.  Adapun kompresi silindernya 10,4:1.

Spesifikasi Mesin dan Dimensi YZF-R15
Spesifikasi Mesin dan Dimensi YZF-R15

Selain performa diatas patut kita pahami tiga hal penting keunggulan dari produk ini, yakni :

Fitur utama keunggulan YZF-R15
Fitur utama keunggulan YZF-R15

1. Desain Terbaik

Desain bodi R15 mengadopsi DNA R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam (dual furious headlight), bodi belakang runcing dan tajam, fairing aerodinamis yang kekar, dan pengendalian yang mantap. Lampu depan ganda R15 sporty dengan fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan. Lampu belakangnya terinspirasi R6 dengan desain meruncing dan pelopor di kelasnya yang menggunakan lampu berteknologi LED.

R15 pun istimewa dengan split seater atau model jok terpisah dengan bahan jok anti slip seperti moge sport kelas dunia. R15 pun memiliki fairing dual-layer yang dinamis dan aerodinamis, dilengkapi lubang sirkulasi udara agar suhu mesin tetap terjaga.

Speedometer-nya sporty yang menggabungkan instrumen digital dan analog serta multifungsi karena tersedia beragam indikator yang lengkap dan mudah terlihat. Kunci utamanya dilengkapi key shutter (penutup lubang kunci) dan anak kunci model laser cut menjamin keamanan maksimal saat diparkir. Cover knalpot menggunakan aksen karbon karbon dan tertanam emblem bertuliskan R15 dengan bahan berkualitas tinggi.

 2. Handling Terbaik

Delta box R15 juga digunakan pada R1 dan R6. Konstruksi delta box kuat dan kokoh serta mengadopsi teknologi MotoGP Yamaha sehingga membuat pengendalian mantap dan stabil saat kecepatan tinggi. Rancangan velg model palang lima yang berdimensi lebar, kuat dan ringan, dibalut ban tubeless. Ban ekstra lebar dengan ban belakang ukuran 130/70 dengan lebar velg 3,5 inci membuatnya mencengkeram aspal lebih sempurna dan stabil. Jarak sumbu rodanya yang panjang menjadikan pengendalian lebih stabil saat berkendara dan saat menikung dengan cepat.

Rear arm R15 berbahan alumunium, merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada pada motor sport di Indonesia. Ini seperti yang digunakan di MotoGP. Pengendara pun dapat merasakan sensasi naik motor super sport saat mengendarai R15. Ini didukung desainnya berkonsep bodi depan merendah, bodi belakang meninggi dan tinggi jok pengendara 800 mm.

 3. Performa Terbaik

Mesin R15 berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology. Keunggulan performa terbaik R15 menjadikan akselerasinya lebih cepat namun tetap hemat bahan bakar sehingga ideal untuk berkendara sehari-hari.

Yamaha R25 Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang - Titel YZF-R25

 YZF-R25 “Rev Your Ego

Mengusung tema “Rev Your Ego” Yamaha R25 memiliki keunggulan yang disuguhkan pada konsumen yakni Revs the engine – Hear it Roars – Feel the power. Yamaha R25 memakai mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Adapun kompresinya mencapai 11,6:1. Untuk motor sport di kelas 250 cc, performa Yamaha R25 paling terbesar mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm.

 Spesifikasi Mesin dan Dimensi YZF-R25

Spesifikasi Mesin dan Dimensi YZF-R25

YZF-R25 adalah superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari (A Superbike you can ride everyday). Hal ini dimungkinkan karena superbike ini mengusung tiga hal penting, yakni :

R-DNA melekat kuat di tubuh YZF-R25
R-DNA melekat kuat di tubuh YZF-R25

1. FASTEST (TERCEPAT)

Superior Engine – Mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.

2. LIGHTEST (SPORTY HANDLING)

Perpaduan Diamond frame dan desain mesin yang kompak, dipadu suspensi depan dengan diameter inner tube 41 mm, suspensi belakang bertipe monocross, long asymmetric rear arm, mid ship muffler sebagai pusat dari gravitasi turut berkontribusi menghasilkan bobot motor menjadi 166 kg dengan distribusi bobot yang sempurna yakni 50%:50% sehingga pengendalian yang disajikan lebih sporty.

3. ADVANCED (TEKNOLOGI TERKINI)

  • Supersport speedometer berteknologi terkini dilengkapi dengan fitur shift timing indicator light, gear position, fuel consumption indicator, oil changing indicator, trip meter, FI diagnostic, temperatur mesin, & penunjuk waktu. (Multifunction meter)
  • Sistem rem depan tipe Floating Disk dengan piston ganda,
  • Rangka tipe diamond dengan treatment khusus yang memiliki 2 lapisan coating, electrodeposition coating untuk lapisan dasar dan dibalut lapisan atas yang membuatnya lebih tahan lama serta menjadi standar global untuk rangka motor.

 Marketing Strategy

YZF-R15 Tersedia tiga warna R15 yaitu Racing Blue (Biru), Supernova Red (Merah), Midnight Black (Hitam). Harganya terbilang sangat kompetitif untuk segmen dikelas motorsport fairing 150cc, yakni di angka Rp 28 juta on the road (OTR) Jakarta dan sekitarnya. Indent pertama YZF-R15 dibuka mulai 15 April 2014 melalui situs www.IWantYamahaR15.com. Dan pada dari itu juga 1.500 unit YZF-R15 telah ludes terjual.

Peforma dahsyat dan sensasi mengendarai superbike makin atraktif dengan tiga pilihan warna yang tersedia, yang pertama adalah warna Racing Blue (Biru) yang konsepnya diturunkan dari semangat balap Yamaha, warna ini ditujukan bagi para pecinta dunia balap. Yang kedua adalah The Predator Black (Hitam) konsep warna ini adalah menyembunyikan performa yang sebenarnya dari R25, warna ini ditujukan untuk pribadi yang cool & calm, namun siap untuk menunjukan performanya kapanpun dibutuhkan. Yang ketiga adalah warna Diablo Red (Merah) konsep warna ini merefleksikan jiwa muda dengan adrenalin yang tinggi, warna ini ditujukan untuk mereka yang memiliki semangat tinggi dan ingin show off. Untuk harga yang ditawarkan masih dibawah harga kompetitor sport fairing 250cc yang sudah berjaya sebelumnya, dibuka pada Rp 53 juta on the road (OTR) Jakarta dan sekitarnya. Menyusul sukses saudara mudanya, tepat di Hari Kebangkitan Nasional, Yamaha langsung membuka inden online untuk 250 konsumen. Dalam 25 jam R25 terpesan 2.677 unit.

Keterlibatan Konsumen

Untuk menguji ketangguhan YZF-R15, selama 8 hari (16-23 Mei 2014) Yamaha menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukittinggi. Lintasan ini dipilih karena memiliki trek berkelok dan kondisi jalan naik-turun dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Belum lagi cuaca diperjalanan yang bisa berubah sewaktu-waktu. Performa dan akselerasi Yamaha YZF-R15 benar-benar diuji di jalur ini. Touring kali ini diikuti 20 peserta menggunakan 20 YZF-R15 yang terdiri dari perwakilan Yamaha Indonesia, wartawan serta perwakilan dari YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia). Dan kabarnya untuk menguji kenyamana dan ketangguan R Series selanjutnya, yakni YZF-R25 pada pertengahan Agustus Yamaha menggelar tour Bali-Jawa yang diikuti oleh 20 rider dengan menggunakan R25 mereka sendiri yang telah diindent sebelumnya.

Touring Jelajah Sumatera YZF-R15
Touring Jelajah Sumatera YZF-R15

 Selain itu telah dilakukan juga test ride untuk konsumen R25 pertama yang membeli melalui inden online. Test Ride sekaligus pelatihan ini bertujuan jelas agar mereka memahami dengan benar “Baby M1”. Diajarkan basic handling R25 misalnya saat motor jatuh bagaimana cara menaikkannya lagi, cara belok di tikungan dan pengereman. Trek yang digunakan sepanjang 150 meter dengan berbagai karakter trek lurus, cornering, bumpy. Yamaha juga membina 100 instruktur yang telah terlatih, yang selanjutnya akan menyebarkan pengetahuan ke area seluruh Indonesia bersamaan dengan test ride yang diadakan di daerah-daerah.

Test Ride untuk konsumen R25 pertama
Test Ride untuk konsumen R25 pertama

Sumber : http://www.yamaha-motor.co.id

Iklan

3 thoughts on “Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s