DI-GENJRING, MOTOR BISA DIANGKAT DENGAN KAKI

Melihat sharing video teman di media social, terpengarah dengan cara orang mengangkat motor menggunakan kepala. Dalam video berdurasi 1:23 menit tersebut menggambarkan bagaimana seseorang mengangkat motor menggunakan kepalanya dari bawah menuju ke bagian atas (roof) dari sebuah bus. Dan tak tanggung-tanggung yang diangkat adalah sepeda motor sport Bajaj Pulsar, video ini mungkin diambil di India melihat beberapa tulisan di sekitarnya. Untuk melakukan ini tentunya memerlukan keahlian khusus, harmonisasi antara kekuatan dan menjaga kesimbangan.

Di Indonesia pun ternyata juga ada yang memiliki kemampuan seperti ini, hanya dengan modus yang berbeda yakni diangkat menggunakan kaki. Salah satunya adalah Ibu Karsini, adalah salah satu pemain genjring akrobat dari Desa Bayalangu, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon tengah. Melalui kedua kakinya sebuah sepeda motor mampu diangkat dan ditahan, bahkan dengan kondisi motor nya dikendarai berboncengan. Ibu dengan usia di atas 50 tahun ini telah mempelajari genjring akrobat sejak usia 9 tahun.

Genjring Akrobat merupakan gabungan dari kesenian genjring ketiping dengan kesenian debus. Pada awalnya, kesenian ini merupakan media untuk menyebarkan ajaran agama Islam. Syairan shalawat menjadi tema utama yang dilantunkan secara rampak dengan diiringi tabuhan rebana tanpa tarian dalam kesenian ini. Oleh masyarakat lokal, tabuhan rebana ini disebut genjring. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk mendekati bunyi rebana yang mirip bunyi “jring”, orang bilang “genjringan”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s