TOUR MERAH-PUTIH MEMAKNAI KEMERDEKAAN RI

Menjadi kegiatan rutin bagi kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan Indonesia di setiap tanggal 17 Agustus. Hari kemerdekaan yang ke-69 RI kebetulan jatuh di hari Minggu. Sudah sejak lama meng-arrange tour dalam rangka memperingati hari kemerdekaan di tahun ini. Apabila mengikuti spanduk-spanduk yang terpampang diinstansi mungkin tour kali ini temanya seperti adalah “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, kita syukuri kemerdekaan negeri kita dengan tour menikmati keindahan dan kekayaannya.” He :D..terlalu maksa ya..

Sesuai dengan tema, dalam tour kali ini mengambil titik persinggahan menarik yang berkaitan dengan peningkatan nasionalisme. Dengan mengambil waktu 2 hari, sabtu-minggu semua obyek berada di Jawa Timur. Persinggahan itu antara lain :

1. Trowulan

Merupakan bagian dari kabupaten Mojokerto dan berada di jalur utama menuju arah Surabaya. Di trowulan terdapat ratusan situs peninggalan Majapahit.  Diduga kuat pusat pemerintahan kerajaan Majapahit berada disini sesuai yang ditulis oleh  Mpu Prapanca dalam kitab Kakawin Nagarakretagama. Melalui beberapa situs yang tersisa kita bisa mengagumi kejayaan Majapahit di masa lampau. Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur.  Salah satu bukti betapa luar biasa nenek moyang kita. Bangsa ini sebenarnya mempunyai potensi sumber daya manusia yang tangguh.

Surya Majapahit, sinbol umum yang sering ditemui pada situs peninggalan Majapahit. (Sumber : wikipedia.org)
Surya Majapahit, sinbol umum yang sering ditemui pada situs peninggalan Majapahit. (Sumber : wikipedia.org)

2. Bromo

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut yang berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Keindahan Bromo tak habis untuk dinikmati. Melihat sunrise Bromo dari bukit Pananjakan, Pasuruan menjadi obyek wisata yang sangat diminiati oleh para wisatawan, hingga terkenal di mancanegara. Sungguh salah satu anugerah yang luar biasa untuk negeri kita ini.  Alam yang dapat kita lihat secara langsung  di negeri ini sudah luar biasa, apalagi kalau mampu mengeksplorasi kekayaan yang berada didalamnya, tentunya dengan bijaksana memperhatikan keseimbangannya.

3. Blitar

Kota Blitar terkenal sebagai tempat dimakamkannya Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Selain disebut sebagai Kota Patria, kota ini juga disebut sebagai Kota PETA (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Suprijadi, Laskar PETA melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang menginspirasi timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain. Melalui kota ini dapat kita kenang kembali perjuangan para pahlawan dan juga para pendiri bangsa ini.

Presiden pertama RI, Ir Soekarno dimakamkan di Blitar
Presiden pertama RI, Ir Soekarno dimakamkan di Blitar

Disamping melakukan tour untuk meningkatkan nasionalisme, berikut kesempatan tes beberapa gear yang mungkin bermanfaat bagi rekan petualang berkendara. Dan juga informasi rute dan jalur yang dilewati serta pengalaman lain ditulis pada post yang berbeda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s